Wednesday, October 5, 2016

Sejarah April Mop / April Fool's


Tanggal 1 April. Banyak orang, terutama anggota dari generasi tua, sering disebut tanggal ini khusus "April Mop". Mop adalah kata Belanda yang berarti lelucon. Dalam bahasa Inggris itu disebut April Fool `s Day.

Apa yang mereka tahu tentang April Mop merupakan kebohongan besar sering diulang di media untuk menarik perhatian publik. Tapi apakah mereka mengetahui sejarah April Mop. Ini adalah hari kebohongan mengatakan, terlepas dari keparahan suara menurut Azly Eliswan.

Yeyen, seorang mahasiswa dari Universitas Dharma Persada Jakarta Timur, ketika ia diwawancarai pada hari Minggu mengatakan telah sekarang pengetahuan tentang sejarah ini gila "hari itu. "Apa yang saya ketahui hanyalah kesalahan yang dibuat oleh berbagai media untuk menipu masyarakat."

"Mungkin, sebuah insiden serius terjadi di masa lalu, tetapi pada bulan April dan bagaimana insiden itu menjadi populer sebagai April Mop adalah titik di luar pengetahuan saya," katanya.

Sementara itu, Feizy yang terjadi menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang dihubungi melalui telepon seluler menyatakan April Mop mungkin berhubungan dengan kebiasaan media berbohong kepada publik dengan mengalihkan perhatian mereka pada objek tertentu dalam sejarah berita.

"Yang saya tahu April Mop hanya itu, sebagai orang tua saya ceritakan kisah April Mop," katanya bercanda.

"Ketika saya masih di sekolah tinggi, guru saya tidak pernah dijelaskan dan akhirnya saya membuat interpretasi saya sendiri itu ada hubungannya dengan kebohongan busuk di media," kata Feizy.

Cindy, seorang mahasiswa di Universitas Trisakti, mengatakan pada April Mop tidak hanya melakukan dengan kebohongan di media. Ini terletak juga dapat dianggap sebagai teman `s.

"Aku tahu April Mop seharusnya lelucon Tapi seperti sebuah kebohongan bisa dilakukan oleh satu orang terhadap lain untuk membuat dia marah.," Katanya, menambahkan bahwa karena itu kita harus mencurigai adanya informasi aneh yang kami terima pada tanggal tersebut.

Rupanya kebanyakan anak-anak hari ini tidak tahu tentang April Mop. Setiap berita aneh sampai saat ini telah mengakibatkan pembantaian barbar Muslim di Spanyol, 1 April 1487.

Sayangnya, umat Islam di Indonesia tidak banyak mengetahui sejarah April Fool `s Day (April Mop) dan kemudian memilih untuk merayakan dengan berbohong kepada publik melalui media atau kontak pribadi.

Seorang intelektual Muslim, Ir H Asmara Dharma, dihubungi melalui telepon di rumahnya di Medan, perayaan April Mop diawali dengan serangan besar tentara Barat di Spanyol, yang kemudian di bawah dominasi seorang muslim khalifah Maret, 1487.

Dia mengatakan kota Zaragoza di Spanyol dan di Amerika Utara dan Leon, Vigo dan Forto Valencia Timur dan Barat, Lisabon dan Cordoba di selatan Madrid dan di pusat kota dan Granada port diduduki oleh para penyerang.

Komunitas Muslim yang selamat dari serangan itu berjanji tidak akan dirugikan jika kita ingin meninggalkan Spanyol dengan kapal sudah tersedia di pelabuhan Grenada. pasukan Barat berkomitmen untuk membiarkan Muslim dirilis oleh kapal jika mereka menyerahkan senjata mereka.

Ketika ribuan umat Islam tidak bersenjata berkumpul di pelabuhan Granada untuk menunggu giliran mereka untuk meninggalkan Spanyol seperti yang dijanjikan oleh pasukan, mereka secara brutal disembelih dan kapal mereka ke api.

Asmara juga mengatakan bahwa genosida Muslim dan melanggar janji yang terjadi April 1, 1487, yang kemudian dikenal sebagai April Mop `s Day. Selain itu, kejadian ini adalah sebuah ritual dipopulerkan sebagai "April Mop" (istilah ini menjadi populer di Indonesia selama masa penjajahan Belanda, pel adalah sebuah kata Belanda yang berarti lelucon). Hal ini kemudian digunakan untuk mengkriminalisasi orang lain baru dan tindakan.

Setelah mengetahui sejarah April Mop seperti yang dijelaskan oleh Asmara, Yeyen mengatakan bahwa media telah pada tanggal 1 April di negara itu adalah hal yang buruk bagi Barat yang mudah disesatkan publik bahwa pasukan Barat telah dilakukan untuk umat Islam di Granada di masa lalu.

Di sisi lain, Feizy bahkan mengatakan bahwa pada tanggal 1 April pantas untuk mengamati hari berkabung bagi umat Islam.

Dalam merayakan kebohongan dari Barat "yang berakhir pada pembunuhan massal Muslim, 1 April 1487, kami berharap pemuda Muslim tidak terlalu mudah ditipu oleh Barat dalam banyak aspek kehidupan, termasuk politik, katanya.

"Hari ini, kami meminta lebih banyak bantuan politik dan ekonomi dari Barat untuk memecahkan masalah kita, semakin kita terjebak dalam lubang yang dalam kekacauan," katanya, menambahkan: "Semakin banyak bantuan yang kita terima dari Barat, semakin kita akan berada di kantor mereka Untuk surprice kita,. masalah tidak pernah diselesaikan. "

"Itu karena tidak ada negara barat ingin menjadi setara dengan negara-negara berkembang terutama dengan negara-negara didominasi. Barat tidak pernah ingin melihat umat Islam hidup sejahtera," kata Feizy.

1 April bisa menjadi awal yang baik bagi umat Islam untuk mengingat kebohongan besar dari Barat. Oleh karena itu, hari ini harus diamati sebagai "barat berbohong".

Sejarah Surat Kabar / Koran


newspaper, Apa itu "news"?

Beberapa observasi yang tertuang atau diucapkan pada suatu media. Biasanya kita berpikir tentang berita sebagai semacam tertentu dari realitas sejarah, yang mungkin dapat digambarkan secara analitis. Itu adalah mistifikasi subjek. Jika wartawan yang ahli dalam sesuatu, audiens Anda, dan bukan aspek lain dari realitas. Dilihat dari "pheomenologically," adalah berita yang dilakukannya di koran hari ini atau siaran berita. Sekarang ada 188 negara, kemarin $ 5 juta, dan ribuan hal-hal yang "terjadi". Hanya mereka yang benar-benar melakukan pekerjaan menjadi berita. Besok akan memiliki berita sendiri, peristiwa sehingga ditolak tidak akan pernah menjadi berita. Tentu saja bisa menjadi bagian dari rekonstruksi sejarah kemudian waktu kita. Orang akan berpikir bahwa dalam kasus ini bahwa wartawan hanya menggagalkannya - jika Anda benar-benar percaya bahwa berita itu sifat yang sama seperti cerita. Tapi berita itu bukan tentang cerita, sebenarnya, namun manfaatnya, ketika editor berpikir jernih, dan penerbit surat kabar berpikir jelas sejak awal.

Definisi harus berasal dari pemakaian umum, dan ini adalah yang kita maksud dengan "berita" ketika bingung dengan pengertian seperti berita penting atau berita dilaporkan. Tidak ada hal seperti dilaporkan pers, karena berita itu tidak alami. 

Mereka yang berharap bahwa berita itu akan membuat Anda informasi tentang kekuatan besar di dunia harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa daya dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk disimpan dari berita. Selain itu, elit dapat didefinisikan sebagai kelompok yang mampu memonopoli jenis tertentu informasi, dan menjaganya dari sirkulasi. Bahkan untuk hari ini semua berita penting ditularkan secara lisan, dalam elite. Jika sebuah cerita besar adalah apa yang memberi seseorang keuntungan lebih dari orang lain, maka berikut bahwa berita berharga adalah sesuatu yang Anda harus membayar banyak untuk, salah satu cara atau yang lain. Yang tersisa diubah menjadi isi media.

Memang benar bahwa selama berabad-abad perhatian media telah membantu penduduk untuk memantau dan menantang elite. Seiring waktu, perhatian ini telah mengikis daya dari beberapa elit, tapi hanya jika pers itu sendiri menjadi bisnis besar, elit dengan rahasia mereka sendiri. Apa keseimbangan ditunjukkan dalam distribusi baru kekuasaan, dan jika publik memiliki hak untuk dimasukkan dalam struktur kekuasaan karena kesadarannya berita, harus mendapat perhatian lebih dari yang dimilikinya.

Asal-usul Pers

Sejarah surat kabar sering bab dramatis pengalaman manusia akan kembali beberapa lima abad. Dalam Renaisans Eropa surat kabar tulisan tangan beredar secara pribadi di antara pedagang, untuk informasi tentang segala sesuatu dari peperangan dan kondisi ekonomi untuk kebiasaan sosial dan karakteristik dari "human interest". Pelopor dicetak pertama koran muncul di Jerman pada tahun 1400-an dalam bentuk pamflet atau berita broadsides, sering sangat sensasional dalam konten. Beberapa yang paling terkenal dari laporan-laporan kekejaman melawan Jerman di Transylvania yang dilakukan oleh Drakul Tsepes sadis veovod disebut Vlad, yang menjadi Count Dracula kemudian dari cerita rakyat.

Di dunia berbahasa Inggris, nenek moyang awal dari surat kabar adalah corantos, pamflet berita diproduksi hanya kecil ketika peristiwa penting terjadi. Judul pertama dipublikasikan di The Newes Mingguan dari 1622. Hal ini diikuti tahun 1640 dan 1650 oleh sejumlah judul yang berbeda dalam Newsbook format yang sama. Surat kabar pertama benar dalam bahasa Inggris adalah Lembaran London 1666. Untuk generasi yang merupakan koran resmi hanya sanksi, meskipun judul berkala banyak di media adalah pada akhir abad ini.
Dimulai di Amerika Serikat

Di Amerika, surat kabar ( koran )pertama kali muncul di Boston pada tahun 1690, berjudul Kemunculan Publick. Diterbitkan tanpa otoritas, yang kemudian segera ditekan, penerbit ditangkap, dan semua salinan dihancurkan. Bahkan, itu terlupakan hingga 1845, ketika contoh yang masih hidup hanya dikenal ditemukan di Perpustakaan Inggris. Surat kabar itu adalah sukses pertama Berita Boston-Surat, dimulai oleh postmaster John Campbell pada 1704. Meskipun menerima subsidi besar dari pemerintah kolonial percobaan adalah kegagalan dalam jangka pendek, dengan sirkulasi sangat terbatas. Dua penelitian lain diperkenalkan pada 1720, di Philadelphia dan New York, dan kekuatan keempat secara bertahap didirikan di benua baru. Pada malam Perang Kemerdekaan, sekitar dua lusin dokumen diterbitkan di semua koloni, meskipun Massachusetts, New York, dan Pennsylvania akan tetap pusat pencetakan Amerika selama bertahun-tahun. Artikel di koran kolonial, cemerlang dikandung oleh propagandis revolusioner, adalah kekuatan utama yang mempengaruhi opini publik di Amerika Serikat rekonsiliasi dengan Inggris untuk kemerdekaan politik penuh.

Pada akhir perang pada tahun 1783 ada empat puluh tiga surat kabar di cetak. Pers memainkan peran penting dalam urusan negara baru, banyak surat kabar lebih banyak dimulai, mewakili seluruh nuansa pendapat politik. Dia tidak gaya prinsip jurnalisme dicegah sebagian besar memfitnah dengan standar modern, mencerminkan kehidupan politik kasar dan kacau republik sebagai faksi saingan mendorong untuk kekuasaan. Ratifikasi Bill of Rights tahun 1791 untuk menjamin kebebasan pers dan surat kabar AS mulai mengambil peran sentral dalam urusan nasional. Pertumbuhan terus berlanjut di semua negara. Pada tahun 1814 ada 346 surat kabar. Dalam Jackson populis, 1830, kemajuan dalam teknologi pencetakan dan kertas menyebabkan ledakan pertumbuhan harian, munculnya "Tekan Penny", tapi sekarang mungkin untuk memproduksi satu koran yang bisa dijual hanya sepeser pun per copy. Sebelumnya, surat kabar adalah provinsi dari sedikit kaya, membaca dan menulis. Harga berlangganan selama satu tahun, biasanya sekitar upah satu minggu dari buruh, harus dibayar penuh dan "selalu di muka." Ini ketersediaan mendadak dari bahan murah, bacaan menarik adalah stimulus penting untuk mencapai hampir universal melek begitu saja di Amerika.
Revolusi Industri

Revolusi industri seperti mengubah setiap aspek kehidupan dan masyarakat Amerika, surat kabar dramatis terpengaruh. Kedua jumlah dokumen dan sirkulasi mereka dibayar terus meningkat. Sensus 1850 tercatat 2.526 judul. Pada tahun 1850, kuat menekan raksasa muncul, mampu mencetak sepuluh ribu makalah lengkap per jam. Pada saat ini yang pertama "bergambar" surat kabar mingguan muncul, tapi ilustrasi acara besar pertama dalam berita, sebagai ukiran ukiran kayu dari sketsa para koresponden atau diambil dari penemuan baru fotografi. Selama Perang Sipil permintaan belum pernah terjadi sebelumnya untuk tepat waktu, berita yang akurat mengubah jurnalisme Amerika dalam dinamis, hardhitting dalam kehidupan nasional. Wartawan yang disebut "khusus", menjadi kesayangan publik dan berhala-berhala kaum muda di seluruh dunia. Banyak account pertempuran disampaikan oleh petualang pemberani berdiri hari ini sebagai sejarah definitif rakyatnya.

Berita itu tidak menghentikan pertumbuhan di tahun-tahun sesudah perang. Sebuah 11.314 mengejutkan item yang berbeda tercatat dalam sensus 1880. Dalam angka-angka sirkulasi 1890 dari satu juta eksemplar per edisi pertama dicatat (ironisnya, surat kabar ini sekarang sangat langka karena kualitas mengerikan kertas murah maka digunakan, dan kerugian besar dalam Perang Dunia Dunia kertas unit era II) Pada periode ini muncul fitur dari surat kabar modern, headline besar "banner", ekstensif menggunakan ilustrasi, "halaman lucu" serta cakupan diperluas acara olahraga yang terorganisir. Munculnya "jurnalisme kuning" juga menandai periode ini. Hearst benar-benar bisa membanggakan bahwa surat kabar itu diproduksi keributan publik untuk perang melawan Spanyol pada 1898. Ini juga merupakan usia konsolidasi dari media, surat kabar independen banyak yang ditelan menjadi kuat "rantai" dengan konsekuensi yang tidak menguntungkan untuk tekan sekali tak kenal takut dan tidak fana, banyak yang dikurangi menjadi kendaraan untuk distribusi pendapat terpisah dari pemiliknya, dan sebagainya tetap, tanpa bersaing kertas untuk menantang pandangan mereka. Pada 1910-an, semua fitur penting koran dikenali modern telah muncul. Pada zaman kita, radio dan televisi secara bertahap menggantikan surat kabar sebagai sumber informasi utama bangsa, sehingga dapat menjadi sulit pada awalnya untuk menghargai peran bahwa surat kabar telah memainkan dalam sejarah kami.

Sejarah Sepeda Motor


Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak).
Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.


Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat transportasi.

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepedamotor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepedamotor modern mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepedamotor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.

Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepedamotor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepedamotor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepedamotor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar sepedamotor off-road.

Sejarah Mobil


Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movĂ©re’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bis, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan

pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin perama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mempatenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, ethanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.

Sejarah Pesawat Terbang


Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya.

Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

Sejarah Becak


Becak (dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda”) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.

Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:

* Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
* Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:


1. Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
2. Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Pro dan kontra

Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara (kecuali becak bermotor tentunya). Selain itu, becak tidak menyebabkan kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis-turis mancanegara.

Meskipun begitu, kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban dibandingkan dengan mobil maupun sepeda motor. Selain itu, ada yang menganggap bahwa becak tidak nyaman dilihat, mungkin karena bentuknya yang kurang modern.

Satu-satunya kota di Indonesia yang secara resmi melarang keberadaan becak adalah Jakarta. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”. Penggantinya adalah, ojek, bajaj dan Kancil.

Selain di Indonesia, becak juga masih dapat ditemukan di negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kuba. Di Singapura, becak kini hanyalah sebuah alat transportasi wisata saja.

Modernisasi becak

Untuk meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunaan gigi percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern sehingga bisa melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta pengemudinya berada didepan ruang penumpang.

sumber : wikipedia.org